Paper Bag, Apakah Lebih baik dari kantong plastik?


09/03/2021

Paper Bag, Apakah Lebih baik dari kantong plastik?

Kantong plastik pertama kali digunakan pada industri ritel pada tahun 1977 dan telah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari ritel hingga saat ini. Selama 44 tahun hidup berdampingan dengan kantong plastik, maka kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kantong platik tidak dapat terhindarkan mengingat tingginya tingkat konsumsi kantong plastik diseluruh dunia. Seperti sobat YUURbag ketahui, saat ini kita bisa menemukan sampah plastik bertebaran di manapun yang mengindikasi bahwa sudah separah itu permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh kantong plastik di dunia.

Menanggapi permasalahan itu, banyak orang kemudian memutuskan untuk beralih menggunakan paper bag karena dianggap lebih ramah lingkungan. Tapi, apakah menurut sobat YUURbag penggunaan paper bag benar – benar akan menjadi pilihan yang lebih baik dari pada kantong plastik? Untuk menjawab pertanyaan ini yuk simak beberapa fakta berikut ini!

  1. Persepsi bahwa kantong kertas lebih baik daripada kantong plastik timbul bukan berasal dari fakta uji sains.
  2. Persepsi mengenai bagaimana kantong kertas lebih baik dari kantong plastik di dasari dari kesalahpahaman konsep mengenai bagaimana plastik dibuat.
  3. Pada proses produksi (manufaktur), kantong kertas membutuh lebih banyak bahan baku dari pada kantong plastik.
  4. Sulit untuk menggunakan kembali (reuse) kantong kertas yang sudah terpakai, karena cenderung mudah robek.
  5. Material pembuatan kantong kertas 100% berasal dari pohon, jadi apa sobat bisa bayangkan berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk membuat kantong kertas?

Dari beberapa fakta diatas, apakah menurut sobat YUURbag kantong kertas lebih ramah lingkungan dari pada kantong plastik? Jawabannya adalah “Ya” dan “Tidak”, wah mengapa begitu? Jika dibandingkan dengan kantong plastik memang kantong kertas lebih mudah terurai, tetapi dalam segi produksinya, karena kantong kertas berbahan dasar organik yaitu pohon maka sudah bisa dipastikan banyak pohon yang harus di tebang untuk memproduksi kantong kertas. Hal ini lah yang saat ini menjadi polemik dunia, dan jalan keluar dan pilihan terbaik dari permasalahan ini adalah YUURbag!

YUURbag adalah sebuah brand yang berfokus pada pembuatan shopping bag yang ramah lingkungan. Di mana, di dalam 1 buah tas YUURbag terdiri dari 6 buah sampah botol plastik yang telah di daur ulang dengan teknologi mesin canggih terkini. Sobat YUURbag bisa meng-custom design, warna, ukuran, apapun yang sobat YUURbag inginkan! Bukan hanya shopping bag saja loh! YUURbag juga bisa memproduksi pouch, tempat tissue, apron, kotak mainan, kotak makan, planter bag, dan tempat botol air! Tunggu apa lagi? Yuk pesan YUURbag mu sekarang juga di tokopedia, shopee, atau Instagram @yuurbag untuk kehidupan yang lebih baik!

Kategori : Tips and Trick
Bagikan artikel ini :