Memilih Merchandise Ramah Lingkungan Menggunakan 5 Langkah


10/02/2022

Memilih Merchandise Ramah Lingkungan Menggunakan 5 Langkah

Penggunaan merchandise untuk branding merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Menurut Cant and Toit 2012 dalam penelitiannya, merchandise memilki pengaruh yang kuat terhadap loyalitas konsumen. Strategi ini turut dilakukan oleh beberapa brand beverages ternama di Indonesia. Salah satunya Chatime. Pada tahun 2021 lalu, Chatime melakukan launching berbagai macam merchandise ramah lingkungan seperti tumbler dan shopping bag. Sebagai customer, cara terbaik mendapatkan merchandise tersebut adalah melakukan claim poin yang terkumpul dari setiap pembelian produk. Hal ini secara tidak langsung, mentrigger customer untuk membeli lebih banyak produk hingga terkumpul sejumlah poin tertentu. Berawal dari sini, dapat ditarik kesimpulan bahwa merchandise termasuk salah satu factor penting dalam keputusan pembelian oleh customer.

Berikut 5 langkah menentukan merchandise ramah lingkungan yang tepat untuk brand mu.

  1. Pilih merchandise dengan positioning brand yang sesuai.
    Guna memberikan statement lebih lugas mengenai brand yang ramah lingkungan, The Bodyshop mengeluarkan atauran larangan penggunaan no single use plastic untuk seluruh outletnya. Solusi dari campaign tersebut, The Bodyshop mengeluarkan produk merchandise berupa shopping bag sebagai pengganti single use plastic.
  2. Tentukan budget untuk harga pokok penjualan beserta harga jual.
    Dalam menentukan budget serta harga penjualan untuk merchandise, kamu bisa membuat tolok ukur melalui daya beli dan karakteristik customer. Buatlah survey ringkas customer untuk menentukan daya beli merchandise. Selain itu, kamu bisa melihat track record dari grafik penjualan untuk mencerminkan karakteristik customer. Kamu juga bisa melakukan riset sederhana pada competitor, untuk menentukan merchandise ramah lingkungan yang terbaik.
  3. Pilih profesional vendor merchandise ramah lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan brand.
    Setelah mengetahui jenis merchandise serta budget yang cocok untuk brand, saatnya kamu melakukan riset mengenai vendor merchandise yang profesional. Untuk brand dengan positioning produk “eco friendly”, kamu harus memastikan bahwa vendor yang terpilih berkomitmen hanya menyediakan merchandise ramah llingkungan saja. Selain itu, pastikan bahwa vendor merchandise menerima produk custom sesuai keinginanmu. Seperti menerima custom design dan menyediakan custom ukuran serta bentuk merchandise. Jika diperlukan, mintalah beberapa sample untuk melihat hasil kerja dari vendor tersebut.
  4. Pastikan vendor merchandise ramah lingkungan menyedikan produk yang berkualitas.
    Produk ramah lingkungan cenderung membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan produk tersebut didominasi dari material bahan daur ulang. Pastikan vendor merchandise ramah lingkungan mempunyai sertifikasi, SOP, beserta teknologi yang mumpuni untuk mengubah produk daur ulang menjadi produk dengan nilai guna.
  5. Pastikan vendor merchandise ramah lingkungan mempunyai manajemen waktu yang baik.
    Selain kualitas serta kapabilitas vendor yang baik, faktor waktu merupakan hal yang cukup krusial. Tentunya kamu tidak ingin mengubah jadwal launching produk yang telah kamu persiapkan, karena vendor tidak mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan produksi merchandise tersebut, bukan? Guna menghindari hal ini, kamu bisa meminta purchase order disertai tenggat waktu yang telah disepakati. Untuk penentuan deadline waktu, hal ini biasanya ditentukan berdasarkan kuantiti pemesanan, serta tingkat level industri vendor merchandise yang kamu pilih.

Segala kebutuhan merchandise ramah lingkungan, kamu bisa membuat poin penting pertimbangan pada Yuurbag. Kami menyediakan produk ramah lingkungan dengan material daur ulang plastik botol bekas pakai. Melalui proses produksi tingkat industri, tentunya Yuurbag mempunyai SOP serta teknologi khusus untuk memenuhi standar kualitas. Kami menerima segala custom bentuk, custom ukuran, serta design yang kamu butuhkan. Keraguan mengenai produk YuurBag, dapat kami atasi dengan pengiriman sample sesuai dengan request. Konsultasikan dengan Yuurbag untuk segala kebutuhan brandmu agar tetap ramah lingkungan!

Kategori : Tips and Trick
Bagikan artikel ini :