Indonesia, Sebagai Pemasok Sampah Terbesar ASEAN

03/05/2021

Indonesia, Sebagai Pemasok Sampah Terbesar ASEAN

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar, dengan populasi sebesar 276.361.783, dimana 1.04 lebih tinggi di bandingkan degan tahun sebelumnya (2020). Jumlah populasi ini mengakibatkan Indonesia memproduksi kurang lebih 64 juta ton sampah per tahunnya. Berdasarkan data dari United Nations Environment, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara ASEAN pemasok sampah kota dengan kuantitas tertinggi se Asia Tenggara yaitu sebanyak 64.000.000 ton per tahun, diikuti dengan Thailand dengan 26.770.000 ton, Vietnam 22.020.000 ton, Filipina 14.660.000 ton, Malaysia 12.840.000 ton, dan Myanmar sebesar 841.508 ton per tahunnya.

Jumlah angka ini dapat terus meningkat seiring dengan laju pertumbuhan populasi penduduk di setiap negara. Dimana, hal ini menyebabkan tiap –tiap negara dituntut untuk dapat berfikir futuristic, terutama dalam mengontrol dan mengelola sampah kota mereka. Sebenarnya, Indonesia memiliki regulasi, proyek dan, strategi untuk pengolahan sampah kota. Tetapi hal ini bukan berarti semuanya strategi tersebut berjalan dengan baik. Indonesia dilaporkan tidak memiliki cukup infrastruktur untuk mendukung program – program yang telah direncanakan tersebut, karena lini pemerintahan tidak dapat mengimplementasikan dan melaksanakannya dengan baik. Hasilnya, semua kebijakan, proyek, dan strategi – strategi yang telah dibuat akhirnya hanya berakhir menjadi omong kosong belaka.

Meskipun Indonesia memiliki strategi nasional untuk menanggulani sampah kota, bukan berarti strategi – strategi tersebut berjalan dengan baik. Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia berada di peringkat pertama sebagai negara penghasil sampah kota terbanyak di Asia Tenggara. Sebagai sebuah merek yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan di Indonesia, YUURbag berusaha untuk melakukan yang terbaik agar dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan daur ulang secara terus menerus. Sebagai hasilnya, YUURbag berhasil memproduksi beberapa tas ramah lingkungan (tas belanja, pouch, tempat tissue, tempat botol minum, planter bag, laundry bag, dan masih banyak lagi) untuk ikut berperan mengurangi beberapa sampah kota seperti kantong plastik sekali pakai, kemasan tisu plastik, polybag, dan lain-lain.

Dengan menggunakan YUURbag, kamu telah ikut serta dalam mendaur ulang sampah botol plastik, mengurangi penggunaaan plastik dan kantong plastik sekali pakai, serta mendukung bisnis lokal. Jika tidak dimulai dari kamu, lalu siapa lagi? Mari selamatkan lingkungan dengan mulai menggunakan YUURbag!

Kategori : News
Bagikan artikel ini :