Cara Merayakan Ramadan dan Idul Fitri yang Ramah Lingkungan

21/04/2021

Cara Merayakan Ramadan dan Idul Fitri yang Ramah Lingkungan

Akhirnya Ramadan tiba, dan tidak lama lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba dalam beberapa minggu. Sudah menjadi kebiasaan kita untuk pergi berbelanja kebutuhan Ramadan untuk persiapan menyambut Hari Raya. Banyak orang bahkan telah mulai untuk berburu barang kebutuhan 2-3 minggu sebelum hari raya Idul Fitri dating, untuk menghindari kenaikan harga. Menurut Greenpeace Indonesia, jumlah sampah plastik selalu mengalami peningkatan setiap kali momen Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini disebabkan adanya kenaikan konsumsi plastik setiap mendekati waktu berbuka puasa dan waktu sahur akibat kecenderungan masyarakat membeli makanan untuk berbuka puasa atau ketika sahur karena dianggap lebih mudah dan efisien.

Setidaknya sebanyak 289 ton sampah plastik terbuang selama bulan Ramadan, sebagai wujud adanya perubahan perilaku konsumen dalam pola perilaku konsumsi. Jumlah ini dapat dengan mudah ditunjukan sejalan dengan kenaikan penjual ta’jil (pedagang musiman yang hanya dapat ditemukan pada bulan puasa) yang dapat dengan mudah ditemukan disepanjang jalan ketika mendekati waktu berbuka puasa (sekitar pukul 3 sore – 7 malam).

Mengingat banyaknya transaksi yang terjadi selama bulan puasa, jumlah sampah plastik pun juga ikut meningkat. Selain karena adanya kenaikan jumlah penjual, ritel-ritel besar juga ikut berkontribusi dalam menyuplai sampah plastik selama Ramadan. Ketika mendekati Idul Fitri, merupakan tradisi kita untuk membeli baju & pernak-pernik baru, kue khas Idul Fitri, dan berbagai macam belanjaan untuk menunjang datangnya Hari Raya. Untuk memenuhinya, orang – orang cendurung untuk pergi ke toserba, maupun supermarket. Dari kegiatan inilah yang menyebabkan angka kenaikan sampah plastik akhirnya juga terus melonjak.

Sebagai milenial cerdas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, sudah menjadi kewajiban kita untuk memastikan Ramadan dan Idul Fitri berjalan dengan baik, aman, dan sehat dengan emisi karbon yang lebih kecil. Sangatlah penting bagi kita untuk menjalani bulan suci ini dengan mengurangi penggunaan plastik, dan membantu untuk mengurangi polusi yang terjadi.

Berikut beberapa tips dari YUURbag, untuk YUURFriend supaya bisa berbelanja kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri yang ramah lingkungan;

  • Cobalah untuk membeli baju dan pernak-pernik dengan minimalisir kemasan plastik,
  • Belilah makanan, bahan makanan, dan minuman sesuai dengan kebutuhanmu,
  • Hindari untuk menggunakan alat makan, piring, atau gelas sekali pakai saat makan atau minum, dan gunakanlah alat makan besi sebagai gantinya,
  • Pastikan untuk tidak membuang-buang makanan yang kamu beli,
  • Kurangi dan hindari membuat bingkisan Hari Raya dengan kemasan plastik,
  • Bawalah tas belanja mu sendiri untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Mari menebarkan cinta dan kebaikan pada semua orang di bulan suci ini! YUURbag berharap YUURfriend memiliki Ramadan yang suci dan diberkati! Selamat puasa dan jangan lupa untuk merawat bumi mu bersama YUURbag!

Kategori : Tips and Trick
Bagikan artikel ini :