10 Kota di Indonesia yang Melarang Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai


15/03/2021

10 Kota di Indonesia yang Melarang Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai

Sebelum Jakarta secara resmi mengumumkan untuk melarang penggunaan kantong plastik pada 1 Juli 2020, beberapa kota di Indonesia ini telah melarang kantong plastik, sebagai langkah resmi untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai terutama pada supermarket, toko kelontong, bahkan pasar tradisional.

  1. Banjarmasin, merupakan kota pertama di Asia dan Pasifik yang melarang penggunaan kantong plastik sejak Maret 2016
  2. Balikpapan, kota ini berlokasi di Kalimantan Timur. Pada bulan July tahun 2018, kantong plastik telah di larang dan di klaim telah berhasil mengurangi sampah plastik.
  3. Jambi, Jambi memulai pelarangan kantong plastik sekali pakai di toko – toko ritel pada bulan Januari 2019.
  4. Bogor, sejak 1 Desember 2018, kota Bogor telah memulai untuk melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di ritel modern.
  5. Jayapura, ritel modern di kota Jayapura secara resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai pada 1 Februari 2019 dan menganjurkan konsumen untuk membawa tas belanja sendiri.
  6. Bali, berdasarkan Peraturan Gubernur no 97 tahun 2018, Bali memulai untuk melarang peredaran kantong plastik pada bulan Desember 2018. Dan peraturan tersebut akhirnya secara resmi berlaku pada bulan Juli 2019.
  7. Bontang, sejak bulan Januari tahun 2019, Bontang resmi mengumumkan pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai pada gerai - gerai ritel untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.
  8. Biak, secara resmi mengumumkan larangan penggunaan kantong plastik pada tanggal 1 Juni 2019 dalam upaya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.
  9. Bukit Tinggi
  10. Flores

Daftar diatas merupakan kota – kota di Indonesia yang telah melarang penggunaan kantong plastik, apakah Sobat YUURbag juga ingin untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai dan mulai untuk menggunakan tas belanja ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik? Jika iya, Sobat YUURbag bisa memulai untuk menggunakan YUURbag, sebuah merek ramah lingkungan yang memproduksi tas belanja yang ramah lingkungan. Terbuat dari 6 buah sampah botol plastik yang di daur ulang, kamu bisa menyesuaikan design mu sesuai dengan keinginan mu! Ini adalah cara yang menyenangkan untuk pengalaman berbelanja yang ramah lingkungan!

sumber : cosmopolitan.co.id
Kategori : News
Bagikan artikel ini :